Sabtu, 25 Februari 2012

rumah jangan jadikan seperti kuburan bacakan qur'an dan untuk sholat


RUMAH JANGAN DIJADIKAN KUBURAN 
UNTUK  ITU JADIKANLAH RUMAHKALIAN
 UNTUK
SHOLAT SUNNAH
DAN   UNTUK

MEMBACA ALQUR’AN

SEPERTI PENEGASAN NABI MUHAMMAD  SAW 

DALAM SABDANYA  :


1. AGAR RUMAH KITA TIDAK SEPERTI KUBURAN DAN SYETAN LARI DARI RUMAH ITU JIKA DIBACAKAN ALQUR’AN DIDALAMNYA .

No. Hadist: 1300 | Sumber: Muslim |
Kitab: Shalatnya musafir dan penjelasan tentang qashar
Bab: Sunahnya shalat nafilah dalam rumah dan juga di masjid

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ وَهُوَ ابْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْقَارِيُّ عَنْ سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :
" لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنْ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ   ." روه مسلم .
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id telah menceritakan kepada kami Ya'qub bin Abdurrahman Al Qariy dari Suhail dari bapaknya dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
 "Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan, sesungguhnya syetan itu akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al Baqarah."
HADITS PEMBANDING
---SUNAN TIRMIDZI  no .hadits. 2802
SUNAN TIRMIDZI   . 2802.
Telah Menceritakan Kepada Kami Qutaibah Telah Menceritakan Kepada Kami Abdul Aziz Bin Muhammad Dari Suhail Bin Abu Sholih Dari Bapaknya Dari Abu Huraoirah Berkata  Rosululloh  Shollallahu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :” Janganlah Kalian Menjadikan Rumah –Rumah Kaliyan Seperti Kuburan , Sesungguhnya Syetan Tidak Memasuki  Rumah Yang Dibacakan Didalamnya Surat Al Baqoroh .”Abu Isa Berkata ; Hadits Ini Hasan Shohih.
---MUSNAD AHMAD  .NO.HADITS .7487 ; 8089 ; 8560 ; 8681
Musnad Ahmad  .No.Hadits  . 7487.
Telah Menceritakan Kepada Kami Ibrahim Bin Kholid Telah Menceritakan Kepada Kami Rabbah Dari Ma’mar Dari Suhail Bin Abi Syaibah Dari Bapaknya Dari Abu Hurairah Dari Nabi Shollallahu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :” Janganlah Kalian Menjadikan Rumah –Rumah Kalian Seperti Kuburan , Karena Sesungguhnya Syetan Lari Dari Rumah Yang Dibacakan Suroh Al Baqoroh Didalamnya . “
Musnad Ahmad  .No.Hadits  . 8089.
Telah Menceritakan Kepada Kami  Abdush Shomad Telah Menceritakan Kepada Kami Hammad Dari Suhail Dari Ayahnya Dari Abu Huraoirah,Dia Berkata  Rosululloh  Shollallahu ‘Alaihi Wasallam Bersabda  :” Janganlah Kalian Menjadikan Rumah –Rumah Kalian Seperti Kuburan , Sesungguhnya Syetan Akan Lari Dari Rumah  Jika  Ia Mendengar Surat Al Baqoroh Dibacakan Dari Dalamnya. “  
Musnad Ahmad  .No.Hadits .8560.
Telah Menceritakan Kepada Kami Qutaibah Telah Menceritakan Kepada Kami Abdul Aziz Bin Muhammad Dari Suhail Bin Abu Sholih Dari Bapaknya Dari Abu Huraoirah Berkata  Rosululloh  Shollallahu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :” Janganlah Kalian Menjadikan Rumah –Rumah Kaliyan Seperti Kuburan , Sesungguhnya Syetan Tidak Memasuki  Rumah Yang Dibacakan Didalamnya Surat Al Baqoroh .”
Musnad Ahmad  .No.Hadits . 8681.
Telah Menceritakan Kepada Kami ‘Affan Telah Menceritakan Kepada Kami Wuhaib Berkata ; Telah Menceritakan Kepada Kami  Suhail Dari Bapaknya Dari Abu Huraoirah Dari  Rosululloh  Shollallahu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :” Janganlah Kalian Menjadikan Rumah –Rumah Kalian Sebagai Kuburan , Sesungguhnya Syetan Lari Dari Rumah Yang Dibacakan Didalamnya Surah Al Baqoroh .”
2.RUMAH KALIAN ITU UNTUK SHOLAT JANGAN JADIKAN  RUMAH KALIAN SEBAGAI KUBURAN .
SHOHIH BUKHORI NO.HADITS .1114
SHOHIH BUKHORI 1114. Telah Menceritakan Kepada Kami Abdul A’laa Bin Hammad  Telah Menceritakan Kepada Kami  Wuhaib Dari Ayyub Dan  Ubaidillah Dari Nafi’ Dari Ibnu Umar Rodhiyallohu ‘Anhuma Berkata, Telah Bersabda Rosululloh  Shollallohu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :” Kerjakanlah Dirumah-Rumah Kalian Diantara Sholat-Sholat Yang Ada , Dan Jangan Kalian Jadikan ( Rumah-Rumah Kaliayan ) Sebagai Kuburan .” Hadita Ini Uga Diperkuat Oleh Abdul Wahhab Dari Ayyub.
HADITS PEMBANDING :
SHOHIH MUSLIM 1296 ; 1297
SHOHIH MUSLIM  1296. Telah Menceritakan Kepada Kami Muhammad Bin Al Mutsanna Telah Menceritakan Kepada Kami  Yahya Dari Ubaidillah Ia Berkata ,Telah Mengabarkan Kepadaku  Nafi’ Dari Ibnu Umar Dari Nabi  Shollallohu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :” Jadikanlah Sebagian Sholat Kalian (Dilakukan ) Dirumah-Rumah Kalian , Dan Janganlah Kalian Menjadikannya Sebagai Kuburan.”
Shohih Muslim 1297. Telah Menceritakan Kepada Kami Ibnul Mutsanna Telah Menceritakan Kepada Kami  Abdul Wahhab  Telah Menceritakan Kepada Kami Ayyub Dari  Nafi’ Dari Ibnu Umar Dari Nabi  Shollallohu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :” Sholatlah Dirumah-Rumah Kalian , Dan Janganlah Kalian Menjadikannya Sebagai Kuburan .”
Sunan Abu Dawud  879 ; 1236
Sunan Abu Dawud   879. Telah Menceritakan Kepada Kami Ahmad Bin Muhammad Bin Hambal Telah Menceritakan Kepada Kami  Yahya Dari Ubaidillah Binn Umar Dari Nafi’ Dari Ibnu Umar Dia Berkata Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :” Jadikanlah Rumah-Rumah Kaliyan Sebagai Tempat Mengerjakan Sholat (Sunnah) Dan Janganlah Kalian Jadikan Sebagai Kuburan .”
Sunan Abu Dawud  1236. Telah Menceritakan Kepada Kami Musaddad Telah Menceritakan Kepada Kami  Yahya Dari Ubaidillah Bin Umar Telah Menceritakan Kepada Kami  Nafi’ Dari Ibnu Umar Dia Berkata Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :” Jadikanlah Sebaian Sholat Kaliyan Dirumah Kalian , Dan Jangan Lah Jalian Menjadikan Rumah Tersebut Sebagai Kuburan .”
Sunan Tirmidzi  413
Sunan Tirmidzi  413. Telah Menceritakan Kepada Epada Kami Ishaq Bin Manshur Telaah Menceritakan Kepada Kami  Abdulloh Bin Numair Dari Ubaidillah Binn Umar Dari Nafi’ Dari Ubnu Umar Dari Nabi Shollallohu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :” Sholatlah Dirumah-Rumah Kalian Dan Janganlan Kalian Menjadijkannya Sebagai Kuburan .” Abu Isa Berkata , Ini Adalah Hadits Hasan Shohih.
Sunan Nasa’i 1580
Sunan Nasa’i 1580. Telah Menceritakan Kepada Kami  Al Abbas Bin ‘Abdul ‘Azhim Dia Berkata ; Telah Menceritakan Kepada Kami  ‘Abdullah Bin Muhammad Bin Asma’ Dia Berkata ; Telah Menceritakan Kepada Kami Juwariyah Bin Asma’ Dari Al Walid Bin Abu Hisyam  Dari Nafi’ Bahwasanya Ibnu Umar Berkata , Rosulullah Shollallohu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :” “Sholatlah Kalian (Sholat Sunah) Dirumah-Rumah Kalian Dan Jangan Lah Kalian Menjadikan Rumah-Rumah Kalian Seperti Kuburan.”
Musnad Ahmad 4282  ; 4424  ; 5772 ; 20688 ; 23230 ;
Musnad Ahmad 4282.Telah Menceritakan Kepada Kami  Isma’il Telah Menceritakan Kepada Kami  Ayyub Dari Nafi’ Dari Ibnu Umar Ia Berkata , “Sholatlah Dirumah-Rumah Kalian Dan Jangan Jadikan Rumah Kalian Seperti Kuburan,”” Nafi’berkata, “ Aku Kira Ia Menyebutkannya Dari Nabi Saw
Musnad Ahmad 4424. Telah Menceritakan Kepada Kami  Yahya Bin Sa’id Dari Ubaidullah Dari Nafi’ Dari Abdullah  Ibnu Umar Ia Berkata , Rosulullah Shollallohu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :”  “Jadikanlah Dari  Sholat Kalian  Dirumah-Rumah Kalian Dan Janganlah Kalian  Menjadikannya Sebagai Kuburan  Kuburan,”
Musnad Ahmad 5772. Telah Menceritakan Kepada Kami  Sulaiman Bin Daud Telah Menceritakan Kepada Kami  Sa’id Bin Abdirohman Yakni Al Jumahi  Dari Ubaidullah Dari Nafi’ Dari Abdullah  Ibnu Umar Ia Berkata , Rosulullah Shollallohu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :”  “ Sholatlah Kalian Dirumah Kalian Dan Jangan Kalian Menjadikannya Sebagai Kuburan .”
Musnad Ahmad 20688. Telah Menceritakan Kepada Kami  Yahya Bin Sa’id Telah Menceritakan Kepada Kami  Abdul Malik Dari ‘Atha’ Dari Zaid Bin Khalid Al Juhami Berkata  , Rosulullah Shollallohu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :”  “ Sholatlah Kalian Dirumah-Rumah  Kalian Dan Jangan Kalian Jadikan Sebagai Kuburan .”
Musnad Ahmad 23230. Telah Menceritakan Kepada Kami  Hassan Telah Menceritakan Kepada Kami   Ibnu Lahi’ah Berkata ; Telah Menceritakan Kepada Kami   Abu Al Aswad Dari Urwah Dari Aisyah Bahwa  Rosulullah Shollallohu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :”  “Jadikanlah  Sholat Sunnah  Kalian  Dirumah-Rumah Kalian Dan Jangan Jadikan Rumah Kalian Seperti Kuburan .”
Muwatha’ Malik  364
Muwatha’ Malik  364. Telah Menceritakan Kepadaku Dari Malik Dari Hisyam Bin Urwah Dari Bapaknya ,Bahwa Rosulullah Shollallohu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :” Lakukanlah Sebagiyan Sholat Kalian Dirumah .”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar