Senin, 23 April 2012

Apa bener dilarang nyuguhake panganan ing dalem Tahlilan .


Apa bener dilarang nyuguhake panganan ing dalem Tahlilan .
Dening Ustadz Pardiro As-Slemany


Imam Jalaludin As-Suyuthi ing dalem kitab Al Hawi lil Fatawa Juz 2 hal 182  panegasanipun :

اَنَّ   sayektine   سُنَّةَ  sunnah)  الاِطْعَامِ  paring daharan   سَبْعَةُ أَيَّامٍ   sak jerone pitung dina  بَلَغَنِيْ  uwis tekan marang Ingsun ( Imam jalaluddin as suyuthi)  اَنَّهَا   sayektine bab iku  مُسْتَمِرَّةٌ  kangterus menerus  اِلَى  tumeka   الآنَ  sak iki   بِمَكَّةَ  ing Makkah  وَالْمَدِيْنَةَ  lan ing Madinah  فَالظَّاهِرُ  mangka katon( dhohire ) اَنَّهَا sayektine bab iku  لَمْ تُتْرَكْ    ora ditinggalake مِنْ  saka الصَّحَابَةِ عَهْدِ   sejak mangsane para sahabat   اِلَى tumeka  الآنَ  sak iki  وَ اَنَّهُمْ   lan sayektine dheweke أَخَذُهَا  jupuk bab iku  ًاخَلَف ngamalake saat iki (kholaf )  عَنْ    (jupuk amalan )saka   سَلَفٍ  generasi sak durunge ( salaf)  اِلَى  hingga /marang  الصَدْرِ  bali  الأَوَّلِ marang kang awal yoiku Shohabat .   وَرَأَيْتُ  lan Ingsun deleng فِيْ   ing dalem التَّوَايْخِ  sejarah –sejarah  كَثِيْرًأ فِيْتَرَجُمِ اللأئِمَّةِ  biografi ulama-ulama  besar/terkenal يَقُوْلُوْنَ  piyambakipun ngendika  : وَاَقَام النَّاسَ   lan wong wong ing masyarakat menetap    عَلَى ing  قَبْرِهِ   makame ( ing makam ulama-ulama besar kasebut)   سَبْعَةُ   pitung   اَيّامٍ dina   يَقْرَؤُوْنَ الْقُرْآنَ  padha maca Alqur’an .

وَاَخْرَجَ الحَفِظُ الْكَبِيْرُ اَبُوْ الْقَاسِمِ بْنِ عَسَكِرَ فِيْ كِتَابِهِ الْمُسَمَّى تَبْيِيْنُ كَذْبِ الْمُفْتَرِيْ فِيْمَا نُسِبَ اِلَى الاِمَامِ  اَبِيْ الْحَسَنِ الْأَشْعَرِيَّ , سَمِعْتُ الشَّيْخَ الْفَقِيْهَ اَبَا الْفَتْحِ  نَصْرُ اللهِ بْنِ مُحَمَّدٍ بْنِ عَبْدِ الْقَوِيِّ  الْمَصِيْصِيْ يَقُوْلُ :
 Lan Ingsun nukil   Al Hafidzul Kabiir Abul Qosim bin Asakir ing dalem kitab Tabyinu Kadzbil Muftari Fimaa Nusiba ilal Imam Abil Hasanil Asy’ari nyebutake : Ingsun  krungu Asy-Syaikh Al Faqih Abal Fathi Nashrulloh bin Muhammad bin ‘Abdul Qowiy Al Mashishi ngendika  :
تُوُفِّيَ الشَّيْخُ نَصْرُ بْنِ اِبْرَاهِيْمَ المُقْدِسِيِّ فِيْ يَوُمِ الثُّلَاثَاءِ  التَّاسِعِ مِنَ الْمُحَرَّمِ سَنَةَ  تِسْعِيْنَ
وَاَرْبَعَمِأَةَ بِدِمِشْقٍ
Ana ing dina selasa 7 Muharrom 490 Hijroh  Wus Seda Syaikh Nashr bin Ibrohim Al Maqdisyi ing Damaskus ,

وَاَقَامَ  lan ingsun menetap قَبْرِهِ عَلَىَ  ing makame ( Syekh Nashir Bin Ibrohim Al Maqdisiy ) لَيَالٍ  سَبْعَ  pitung dina  (wengi) نَقْرَأُ Ingsun maca لَيْلَةٍ كُلِّ saben wengi  خَتْمَةً عِشْرِيْنَ  ngatamake Al Qur’an  rong puluh ambalan .

فِيْ كِتَا بِ  الهوى للفتوا   تالف  الشيخ جللدين الشيطى

Syarah isi kitab   al hawi lil fatawa  - Imam Jalaludin Asy Syuyuthi - ing dhuwur iku nerangaken bilih  :


1.dientukake ( oleh/ boleh  )   caos dahar ing dalem pitung dina  terus terusan marang uwong –uwong   kang  maca alqur’an .

2. bab iku uga nate ditindakake dening zamane para Salaf  hingga tumeka marang zamane para Kholaf 

3.amalaiyah iku uga dilaksanakaen dening para generasi awal yoiku para shahabat  ( ilash –shadril - awwali).

4.Ing Makkah lan ugi ing Madinah sami ugi amaliyah menika  dipun amalaken dening para kaum muslimin saking para sahabat dumugi umat islam ing jaman menika .


Imam Thabrani ing dalem kitab Al Kabir  uga kang kasebut ing dalem Kitab Mujamma’ Az Zawaid – dening Syaikh Ibnu Hajkar Al Haitsami -  Juz 3 Hal 85  nyebutaken  ATSAR sanad saking Maryam Binti Farwah  menawa nalika  ‘Imron Bin Husain  ngadepi sakarotul maut , beliau ngendika :
اِذَا اَنَا مِتُّ  فَشُدُّوْا عَلَى بَطْنِ عِمَا مَةً وَاِذَا رَجَعْتُمْ فَنْحَرُوْا وَاطْعِمُوْا
“Manawa Ingsun mati , mula talekno ing duwure wetengku surban  lan sak wise sira bali saka  pemakamanku  mula  belihna onta lan wenehana  dahar uwong –uwong .”
(Kitab  Mujamma’ Zawaid dening syaikh Al Haitsami  Juz 3 Hal 85.)

Abu Nu’aim Al Ashbahani ing dalem kitabipun Al Hilyatul Auyliya Juz 4 hal 3  lan ugi Syaikh Jalaluddin Asy Syuyuthi ing dalem Kitabipun Al Hawi li al – Fatawa ugi Imam Ibnu Hajar Al Haitsami ing dalem kitab  Fatawanipun  : 

negasaken bilih  seorang Tabi’in ingkang  naminipun THAWUS *1) ngendika ;
اِنَّ الْمَوْتَى  يُفَتَنُوْنَ فِيْ قُنُوْرِهِمْ سَبْعًا  فَكَانُوْا يَسْتَحِبّوْنَ اَنْ يُطْعِمُوْا عَنْهُمْ تِلْكَ الأَيَّمَ

“Sayektine uwong –uwong kang wus seda  ninggalake donya ngalami fitnah ( pitakonan ) ing dalem qubure sak jerone pitung dina . mula saka iku  biyen para sahabat nyuguhake daharan mewakili  dheweke kang wus padha seda ana ing dina kasebut .”

 

*1) Thawus :  satunggaling  Piyantun  ingkang kagolong Tabi’in : injih menika tiyang ingkang gesangipun saget pinanggih langsung dateng para sahabat ) lan ugi Piyambakipun  nalika sugengipun saget pianggih  lan sempat wawan pangandikan kaliyan  ( seket= lima puluh ) sahibat Nabi SAW  lan Piyambakipun   termasuk Ulama generasi Pertama Ulama  ing negeri Yaman .. Asy –Syekh Imam Jalaluddin Asy Syuyuthi nngendikaken bilih Thowus  kagolong tokoh  penyampai perowi atsar  katagori perowi –perowi hadits hadits Shohih .




Uga ditegasake  menawa ‘Ubaid bin ‘Umair *2) ngendika :

يُفْتَنُ رَجُلَانِ مُؤْمِنُ وَمُنَافِقُ و فأَمَّا المُؤْمِنُ فَيُفْتَنُ سَبْعًا وَاَمَّا الْمُنَافِقُ فَيُفْتَنَ اَرْبَعِيْنَ صَبَاحًا
“Ana loro golongan uwang ( kang wus seda )  kang ngalami  fitnah ( pitakon kubur )  yoiku  wong mukmin lan wong kang munafiq .   (fitnah= pitakon kubure ) tumrap wong
mukmin  , deweke ngalami fitnah =pitakon kubur iku sak jerone pitung dina , lan keada-ane wong munafiq  ngalami fitnah=pitakon kubur iku sak jerone patang puluh dina .”

 

*2) “Ubaid bin ‘Umair  al-Laitsi  : injih menika satunggaling Penceramah pertama ing Makkah  lan  ngaturaken ceramahipun kanthi kathah sanget ngginakaken cerita . Imam Muslim negasaken : bilih ‘Ubaid bin ‘Umair  lahir ing zamanipun Nabi SAW .  Ugi Termasuk Satunggaling  Sahabat Nabi SAW.


عن عائشة ان رجلا أتى النبي صلى الله عليه والسلام  فقال ثم يا رسولالله اِنَّ  أمى افتلتت نفسها ولم توص واظنها لو تكلمت تصدقت افلها أجر اِن تصدقت عنها قال نعم
Dari Aisyah ra bahwa sungguh telah datang seorang lelaki pada nabi saw seraya berkata : Wahai Rasulullah, sungguh ibuku telah meninggal mendadak sebelum berwasiat, kukira bila ia sempat bicara mestilah ia akan bersedekah, bolehkah aku bersedekah atas namanya?, Rasul saw menjawab : “Boleh” (Shahih Muslim hadits no.1004).
وفي هذا الحديث ان الصدقة عن الميت تنفع الميت ويصله توابها وهو كذلك باجماع العلما وكذا اجمعوا على وصول  الدعاء
Dan dalam hadits ini (hadits riwayat shahih muslim diatas) menjelaskan bahwa shadaqah untuk mayit bermanfaat bagi mayit, dan pahalanya disampaikan pada mayyit, demikian pula menurut Ijma (sepakat) para ulama, dan demikian pula mereka bersepakat atas sampainya doa doa” (syarh Imam Nawawi ala shahih muslim juz 7 hal 90)
Maka bila keluarga rumah duka menyediakan makanan dengan maksud bersedekah maka hal itu sunnah, apalagi bila diniatkan pahala sedekahnya untuk mayyit, demikian kebanyakan orang orang yg kematian, mereka menjamu tamu2 dengan sedekah yg pahalanya untuk si mayyit, maka hal ini sunnah.
Mengenai makan dirumah duka, sungguh Rasul saw telah melakukannya, dijelaskan dalam Tuhfatul Ahwadziy :
حديث عاصم بن كليب الذي رواه أبو داود في سننه بسند صحيح عنه عن أبيه عن رجل من الأنصار قال خرجنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم في جنازة فرأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو على القبر يوصي لحافرا أوسع من قبل رجليه أوسع من قبل رأسه فلما رجع استقبله داعي امرأته فأجاب ونحن معه فجيء بالطعام فوضع يده ثم وضع القوم فأكلوا الحديث رواه أبو داود والبيهقي في دلائل النبوة هكذا في المشكاة في باب المعجزات فقوله فلما رجع استقبله داعي امرأته الخ نص صريح في أن رسول الله صلى الله عليه وسلم أجاب دعوة أهل البيت واجتمع هو وأصحابه بعد دفنه وأكلوا
“riwayat Hadits riwayat Ashim bin Kulaib ra yg diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam sunannya dengan sanad shahih, dari ayahnya, dari seorang lelaki anshar, berkata : kami keluar bersama Rasul saw dalam suatu penguburan jenazah, lalu kulihat Rasul saw memerintahkan pada penggali kubur untuk memperlebar dari arah kaki dan dari arah kepala, ketika selesai maka datanglah seorang utusan istri almarhum, mengundang Nabi saw untuk bertandang kerumahnya, lalu Rasul saw menerima undangannya dan kami bersamanya, lalu dihidangkan makanan, lalu Rasul saw menaruh tangannya saw di makanan itu kamipun menaruh tangan kami dimakanan itu lalu kesemuanyapun makan. Riwayat Abu Dawud dan Baihaqi dalam Dalail Nubuwwah, demikian pula diriwayatkan dalam AL Misykaah, di Bab Mukjizat, dikatakan bahwa ketika beliau saw akan pulang maka datanglah utusan istri almarhum.. dan hal ini merupakan Nash yg jelas bahwa Rasulullah saw mendatangi undangan keluarga duka, dan berkumpul bersama sahabat beliau saw setelah penguburan dan makan”.
(Tuhfatul Ahwadziy Juz 4 hal 67).

           Lalu shohibul Mughniy menjelaskan kemudian :

وان دعت الحجة الى ذلك جاز فاءنه ربما جاهم من يحضر ميتهم من القرى والأماكن البعيدة  ويبيت عندهم ولا الا يمكنهم ان يضيفوه
Bila mereka melakukannya karena ada sebab/hajat, maka hal itu diperbolehkan, karena barangkali diantara yg hadir mayyit mereka ada yg berdatangan dari pedesaan, dan tempat tempat yg jauh, dan menginap dirumah mereka, maka tak bisa tidak terkecuali mereka mesti dijamu
(Almughniy Juz 2 hal 215)
Mengenai 3 hari, 7 hari, 40 hari, 100 hari, 1000 hari, atau bahkan tiap hari, tak ada dalil yg melarangnya, itu adalah Bid’ah hasanah yg sudah diperbolehkan oleh Rasulullah saw, justru kita perlu bertanya, ajaran muslimkah mereka yg melarang orang mengucapkan Laa ilaaha illallah?,  
Yang takut dengan suara Laa ilaaha illallah dan bacaan Al Qur'an  hanyalah Iblis dan pengikutnya ?,
AGAR RUMAH KITA TIDAK SEPERTI KUBURAN DAN SYETAN LARI DARI RUMAH ITU JIKA DIBACAKAN ALQUR’AN DIDALAMNYA .

No. Hadist: 1300 | Sumber: Muslim |
Kitab: Shalatnya musafir dan penjelasan tentang qashar
Bab: Sunahnya shalat nafilah dalam rumah dan juga di masjid

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ وَهُوَ ابْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْقَارِيُّ عَنْ سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :
" لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنْ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ   ." روه مسلم .
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id telah menceritakan kepada kami Ya'qub bin Abdurrahman Al Qariy dari Suhail dari bapaknya dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
 "Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan, sesungguhnya syetan itu akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al Baqarah."
HADITS PEMBANDING
---SUNAN TIRMIDZI  no .hadits. 2802
SUNAN TIRMIDZI   . 2802.
Telah Menceritakan Kepada Kami Qutaibah Telah Menceritakan Kepada Kami Abdul Aziz Bin Muhammad Dari Suhail Bin Abu Sholih Dari Bapaknya Dari Abu Huraoirah Berkata  Rosululloh  Shollallahu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :” Janganlah Kalian Menjadikan Rumah –Rumah Kaliyan Seperti Kuburan , Sesungguhnya Syetan Tidak Memasuki  Rumah Yang Dibacakan Didalamnya Surat Al Baqoroh .”Abu Isa Berkata ; Hadits Ini Hasan Shohih.
---MUSNAD AHMAD  .NO.HADITS .7487 ; 8089 ; 8560 ; 8681
Musnad Ahmad  .No.Hadits  . 7487.
Telah Menceritakan Kepada Kami Ibrahim Bin Kholid Telah Menceritakan Kepada Kami Rabbah Dari Ma’mar Dari Suhail Bin Abi Syaibah Dari Bapaknya Dari Abu Hurairah Dari Nabi Shollallahu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :” Janganlah Kalian Menjadikan Rumah –Rumah Kalian Seperti Kuburan , Karena Sesungguhnya Syetan Lari Dari Rumah Yang Dibacakan Suroh Al Baqoroh Didalamnya . “
Musnad Ahmad  .No.Hadits  . 8089.
Telah Menceritakan Kepada Kami  Abdush Shomad Telah Menceritakan Kepada Kami Hammad Dari Suhail Dari Ayahnya Dari Abu Huraoirah,Dia Berkata  Rosululloh  Shollallahu ‘Alaihi Wasallam Bersabda  :” Janganlah Kalian Menjadikan Rumah –Rumah Kalian Seperti Kuburan , Sesungguhnya Syetan Akan Lari Dari Rumah  Jika  Ia Mendengar Surat Al Baqoroh Dibacakan Dari Dalamnya. “  
Musnad Ahmad  .No.Hadits .8560.
Telah Menceritakan Kepada Kami Qutaibah Telah Menceritakan Kepada Kami Abdul Aziz Bin Muhammad Dari Suhail Bin Abu Sholih Dari Bapaknya Dari Abu Huraoirah Berkata  Rosululloh  Shollallahu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :” Janganlah Kalian Menjadikan Rumah –Rumah Kaliyan Seperti Kuburan , Sesungguhnya Syetan Tidak Memasuki  Rumah Yang Dibacakan Didalamnya Surat Al Baqoroh .”
Musnad Ahmad  .No.Hadits . 8681.
Telah Menceritakan Kepada Kami ‘Affan Telah Menceritakan Kepada Kami Wuhaib Berkata ; Telah Menceritakan Kepada Kami  Suhail Dari Bapaknya Dari Abu Huraoirah Dari  Rosululloh  Shollallahu ‘Alaihi Wasallam Bersabda :” Janganlah Kalian Menjadikan Rumah –Rumah Kalian Sebagai Kuburan , Sesungguhnya Syetan Lari Dari Rumah Yang Dibacakan Didalamnya Surah Al Baqoroh .”

siapa yg membatasi orang mengucapkan Laa ilaaha illallah?dan membaca Al Qur'an  ? muslimkah?, semoga Allah memberi hidayah pada muslimin, tak ada larangan untuk menyebut Laa ilaaha illallah dan membaca Al Qur'an tak pula ada larangan untuk melarang yg berdzikir pada hari ke 40, hari ke 100 atau kapanpun,
Bila hal ini dikatakan merupakan adat orang hindu, maka bagaimana dengan computer, handphone, mikrofon, dan lainnya yg merupakan adat orang kafir, bahkan mimbar yg ada di masjid masjid pun adalah adat istiadat gereja,mengadakan pengajian tiap ahad/minggu  bukankah kita maklum hari ahad/minggu itu untuk kegiatan orang nasroni , namun selama hal itu bermanfaat dan tak melanggar syariah maka boleh boleh saja mengikutinya, sebagaimana Rasul saw meniru adat yahudi yg berpuasa pada hari 10 muharram, (shahih Bukhari) bahwa Rasul saw menemukan orang yahudi puasa dihari 10 muharram karena mereka tasyakkur atas selamatnya Musa as, dan Rasul saw bersabda : Kami lebih berhak dari kalian atas Musa as, lalu beliau saw memerintahkan muslimin agar berpuasa pula” (HR Shahih Bukhari hadits no.3726, 3727)
1. Ucapan Imam Nawawi dalam Syarah Nawawi Ala shahih Muslim Juz 1 hal 90 menjelaskan :
من أراد بر والديه فليتصدق عنهما فان الصدقة تصل الى الميت وينتفع بها بلا خلاف بين المسلمين وهذا هو الصواب وأما ما حكاه أقضى القضاة أبو الحسن الماوردى البصرى الفقيه
الشافعى فى كتابه الحاوى عن بعض أصحاب الكلام من أن الميت لا يلحقه بعد موته ثواب فهو مذهب باطل قطعيا وخطأ بين مخالف لنصوص الكتاب والسنة واجماع الامة فلا التفات اليه ولا تعريج عليه وأما الصلاة والصوم فمذهب الشافعى وجماهير العلماء أنه لا يصل ثوابها الى الميت الا اذا كان الصوم واجبا على الميت فقضاه عنه وليه أو من أذن له الولي فان فيه قولين للشافعى أشهرهما عنه أنه لا يصلح وأصحهما ثم محققى متأخرى أصحابه أنه يصح وستأتى المسألة فى كتاب الصيام ان شاء الله تعالى وأما قراءة القرآن فالمشهور من مذهب الشافعى أنه لا يصل ثوابها الى الميت وقال بعض أصحابه يصل ثوابها الى الميت وذهب جماعات من العلماء الى أنه يصل الى الميت ثواب جميع العبادات من الصلاة والصوم والقراءة وغير ذلك وفى صحيح البخارى فى باب من مات وعليه نذر أن ابن عمر أمر من ماتت أمها وعليها صلاة أن تصلى عنها وحكى صاحب الحاوى عن عطاء بن أبى رباح واسحاق بن راهويه أنهما قالا بجواز الصلاة عن الميت وقال الشيخ أبو سعد عبد الله بن محمد بن هبة الله بن أبى عصرون من أصحابنا المتأخرين فى كتابه الانتصار الى اختيار هذا وقال الامام أبو محمد البغوى من أصحابنا فى كتابه التهذيب لا يبعد أن يطعم عن كل صلاة مد من طعام وكل هذه إذنه كمال ودليلهم القياس على الدعاء والصدقة والحج فانها تصل بالاجماع ودليل الشافعى وموافقيه قول الله تعالى وأن ليس للانسان الا ما سعى وقول النبى صلى الله عليه وسلم اذا مات ابن آدم انقطع عمله الا من ثلاث صدقة جارية أو علم ينتفع به أو ولد صالح يدعو له

“Barangsiapa yg ingin berbakti pada ayah ibunya maka ia boleh bersedekah atas nama mereka (kirim amal sedekah untuk mereka), dan sungguh pahala shadaqah itu sampai pada mayyit dan akan membawa manfaat atasnya tanpa ada ikhtilaf diantara muslimin, inilah pendapat terbaik, mengenai apa apa yg diceritakan pimpinan Qadhiy Abul Hasan Almawardiy Albashriy Alfaqiihi Assyafii mengenai ucapan beberapa Ahli Bicara (semacam orang –orang  yg hanya bisa bicara tanpa ilmu) bahwa mayyit setelah wafatnya tak bisa menerima pahala, maka pemahaman ini Batil secara jelas dan kesalahan yg diperbuat oleh mereka yg mengingkari nash nash dari Alqur’an dan Alhadits dan Ijma ummat ini, maka tak perlu ditolelir dan tak perlu diperdulikan.
2. Ucapan Imam Ibn katsir :
وأن ليس للإنسان إلا ما سعى أي كما لا يحمل عليه وزر غيره كذلك لا يحصل من الأجر إلا ما كسب هو لنفسه ومن هذه الآية الكريمة استنبط الشافعي رحمه الله ومن اتبعه أن القراءة لا يصل إهداء ثوابها إلى الموتى لأنه ليس من عملهم ولا كسبهم ولهذا لم يندب إليه رسول الله صلى الله عليه وسلم أمته ولا حثهم عليه ولا أرشدهم إليه بنص ولا إيماءة ولم ينقل ذلك عن أحد من الصحابة رضي الله عنه ولو كان خيرا لسبقونا إليه وباب القربات يقتصر فيه على النصوص ولا يتصرف فيه بأنواع الأقيسة والآراء فأما الدعاء والصدقة فذاك مجمع على وصولهما ومنصوص من الشارع عليهما
“ Yakni sebagaimana dosa seseorang tidak dapat menimpa kepada orang lain, demikian juga manusia tidak dapat memperoleh pahala melainkan dari hasil amalanya sendiri, dan dari ayat yang mulin ini (ayat 39,Surah An-Najm) Imam Syaf’i dan Ulama-ulama yang mengikutinya mengambil kesimpulan, bahwa bacaan yang pahalanya dikirimkan kepada mayit adalah tidak sampai, karena bukan dari hasil usahanya sendiri. Oleh karena itu Rosulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam tidak pernah menganjurkan umatnya untuk mengamalkan (pengiriman pahala melalui bacaan), dan tidak pernah memberikan bimbingan baik dengan nash maupun isyarat, dan tidak ada seorangpun (shahabat) yang mengamalkan perbuatan tersebut, jika amalan itu baik, tentu mereka lebih dahulu mengamalkanya, padalah amalan untuk mendekatkan diri kepada Allah ta’ala hanya terbatas yang ada nash-nashnya dalam al-Qur’an dan as-Sunnah, dan tidak boleh dipalingkan dengan qiyas-qiyas dan pendapat-pendapat”
Mereka memutusnya sampai disini, demikian kelicikan mereka, padahal kelanjutannya adalah :
“Namun mengenai doa dan sedekah maka hal itu sudah sepakat seluruh ulama atas sampainya, dan telah ada Nash nash yg jelas dari syariah yg menjelaskan keduanya” (Tafsir Imam Ibn Katsir juz 4 hal 259).
Lalu berkata pula Imam Nawawi :
أن الصدقة  عن الميت تنفع الميت ويصله ثوابها وهو كذلك باجماع العلماء وكذا  على أجمعوا وصول وقضاء الدين بالنصوص الواردة في الجميع ويصح الحج عن الميت اذا  كان  حج الاسلام وكذا اذا وصى بحج التطوع على الأصح عندنا واختلف  العلماء في الصوم اذا مات عليه  صوم قال راجح  جوازه عنه للأحاديت الصحيحة فيه والمشهور في مذهبنا ان قراءة القرآن لا يصله توابها وقال جماعة من اصحابنا يصله توابها وبه قال أحمد بن حنبل
“Sungguh sedekah untuk dikirimkan pada mayyit akan membawa manfaat bagi mayyit dan akan disampaikan padanya pahalanya, demikian ini pula menurut Ijma (sepakat) para ulama, demikian pula mereka telah sepakat atas sampainya doa doa, dan pembayaran hutang (untuk mayyit) dengan nash2 yg teriwayatkan masing masing, dan sah pula haji untuk mayyit bila haji muslim,
demikian pula bila ia berwasiat untuk dihajikan dengan haji yg sunnah, demikian pendapat yg lebih shahih dalam madzhab kita (Syafii), namun berbeda pendapat para ulama mengenai puasa, dan yg lebih benar adalah yg membolehkannya sebagaimana hadits hadits shahih yg menjelaskannya,
dan yg masyhur dikalangan madzhab kita bahwa bacaan Alqur’an tidak sampai pada mayyit pahalanya, namun telah berpendapat sebagian dari ulama madzhab kita bahwa sampai pahalanya, dan Imam Ahmad bin Hanbal berpegang pada yg membolehkannya” (Syarh Imam Nawawi ala shahih Muslim Juz 7 hal 90)
Dan dijelaskan pula dalam Almughniy :
ولا بأس بالقراءة ثم القبر وقد روي عن أحمد أنه قال إذا دخلتم المقابر اقرؤوا آية الكرسي وثلاث مرار قل هو الله أحد الإخلاص ثم قال اللهم إن فضله لأهل المقابر وروي عنه أنه قال القراءة ثم القبر بدعة وروي ذلك عن هشيم قال أبو بكر نقل ذلك عن أحمد جماعة ثم رجع رجوعا أبان به عن نفسه فروى جماعة أن أحمد نهى ضريرا أن يقرأ ثم القبر وقال له إن القراءة ثم القبر بدعة فقال له محمد بن قدامة الجوهري يا أبا عبد الله ما تقول في مبشر فلهذا قال ثقة قال فأخبرني مبشر عن أبيه أنه أوصى إذا دفن يقرأ عنده بفاتحة البقرة وخاتمتها وقال سمعت ابن عمر يوصي بذلك قال أحمد بن حنبل فارجع فقل للرجل يقرأ
“Tidak ada larangannya membaca Alqur’an dikuburan , dan telah diriwayatkan dari Ahmad bahwa bila kalian masuk pekuburan bacalah ayat alkursiy, lalu Al Ikhlas 3X, lalu katakanlah : Wahai Allah, sungguh pahalanya untuk ahli kubur”.
Dan diriwayatkan pula bahwa bacaan Alqur’an di kuburan adalah Bid’ah, dan hal itu adalah ucapan Imam Ahmad bin hanbal, lalu muncul riwayat lain bahwa Imam Ahmad melarang keras hal itu, maka berkatalah padanya Muhammad bin Qudaamah : Wahai Abu Abdillah (nama panggilan Imam Ahmad), apa pendapatmu tentang Mubasyir (seorang perawi hadits), Imam Ahmad menjawab : Ia Tsiqah (kuat dan terpercaya riwayatnya), maka berkata Muhammad bin Qudaamah sungguh Mubasyir telah meriwayatkan padaku dari ayahnya bahwa bila wafat agar dibacakan awal surat Baqarah dan penutupnya, dan bahwa Ibn Umar berwasiat demikian pula!”, maka berkata Imam Ahmad : :”katakana pada orang yg tadi kularang membaca ALqur’an dikuburan agar ia terus membacanya lagi..”. (Al Mughniy Juz 2 hal : 225)
dan doa itu sudah Muttafaq alaih (tak ada ikhtilaf) bahwa doa itu sampai dan bermanfaat pada mayyit bahkan pada yg hidup, keluarga dekat atau yg jauh, dengan wasiat atau tanpa wasiat, dan dalil ini dengan hadits yg sangat banyak” (Naylul Awthar Juz 4 hal 142).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar